Buah Terlarang Bagi Ibu Hamil

0
1137
Buah Berbahaya bagi Ibu Hamil

Ada buah-buahan tertentu yang berbahaya dan harus dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama kehamilannya, karena ternyata ada beberapa buah yang diketahui dapat menggugurkan kandungan seorang ibu yang tengah hamil, dapat menyebabkan kelahiran prematur atau dapat menyebabkan cacat pada janin yang tengah dikandung. Berikut adalah daftar buah-buahan terlarang bagi ibu hamil

Nanas/Nenas/Ananas

Nanas dapat menyebabkan persalinan dini, karena nanas banyak mengandung Bromelain yang menjadi penyebab pelunakan leher rahim sehingga menimbulkan terjadinya persalinan dini. Kandungan enzim bromelain sangat beresiko meningkatkan kontraksi rahim, menghambat sampainya nutrisi pada janin, serta meningkatkan suhu janin menjadi lebih panas. Bromelain dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah. Karena sifatnya itu, nanas dapat mengempukan daging dengan meletakkan potongan nanas di atasnya

Selain itu, nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, perempuan hamil dilarang keras mengkonsumsi nanas muda, terutama pada saat trimester pertama agar terhindar dari keguguran.

Efek yang ditimbulkan buah nanas sangat bergantung pada usia kehamilan orang yang mengkonsumsinya. Memakan buah nanas muda saat usia kehamilan trimeseter kedua dan ketiga umumnya tidak akan membuat keguguran, hanya saja cacat lahir dan bayi prematur mungkin saja masih dapat terjadi.

Durian

Durian bisa mendatangkan resiko yang kurang baik bagi ibu yang sedang hamil, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Buah durian diketahui mengandung asam Arachidonat, yaitu suatu senyawa kimia yang merupakan biang penyebab pembentukan Prostaglandin (Prostaglandin tersintesis dari asam lemak dan asam arakidonat). Prostaglandin adalah senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga jika terdapat prostaglandin dalam jumlah yang banyak, bisa berakibat pada keguguran terutama pada trimester pertama, atau kelahiran prematur pada kehamilan di bawah 36 minggu.

Selain Prostaglandin, buah durian juga dinyatakan mengandung Alkohol. kandungan alkohol yang terdapat di dalam buah durian akan mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin sehingga mengakibatkan lahir prematur dengan berat badan yang rendah saat kelahiran. Jika ibu bayi banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman beralkohol, peluang melahirkan anak yang temperamental semakin besar.

Walaupun demikian Anda tidak perlu was-was bila mengkonsumsi durian dalam jumlah yang terbatas. Pada dasarnya kedua zat tersebut tidak akan berpengaruh besar apabila dikonsumsi masih dalam keadaan segar, terjaga kebersihannya dan juga tidak berlebihan. Anda dapat mengkonsumsinya setengah buah saja dalam sehari.

Anggapan masyarakat selama ini mengenai mengkonsumsi buah durian selama kehamilan yang dapat mengakibatkan bayi Anda kepanasan itu tidak benar dikarenakan apabila Anda mengkonsumsinya dengan porsi yang tepat dan tidak berlebih maka resiko gangguan yang dapat disebabkan oleh dua kandungan zat yang terdapat di buah durian tersebut kecil. Adapun untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat kesehatan diabetes sebaiknya menghindari konsumsi buah durian karena akan menggangu kesehatan Anda dan janin.

Pepaya

Selain buah Nanas muda dan Durian, buah Pepaya muda juga berpotensi menyebabkan keguguran terutama bila dikonsumsi sejak usia kehamilan trimester pertama. Getah dari buah ini adalah penyebabnya, pepaya yang mentah atau setengah matang kaya akan lateks (getah). Ia dapat membuat otot-otot rahim sering berkontraksi sehingga akan mengganggu pertumbuhan janin. Namun, meski demikian efek dari buah penyebab keguguran yang satu ini tidaklah sedahsyat dua buah sebelumnya

Nangka dan Cempedak

Buah nangka dan cempedak sama-sama dapat menimbulkan efek negatif bila dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah yang banyak. Efek negatif yang ditimbulkan selain berupa perut kembung dan bergas adalah meningkatnya suhu janin dan kontraksi dini yang dapat meningkatkan risiko bayi prematur dan keguguran.