Cara Membuat Disinfektan Alami Tanpa Alkohol dan Pemutih

0
171
Ilustrasi Disinfektan dari Freepik

Sampai tulisan ini dipublikasikan, penyebaran virus corona (covid-19) kian meluas dan mengkhawatirkan. Berbagai cara perlindungan diri dan lingkungan tengah ditingkatkan dan diupayakan. Selain menjaga jarak dan tidak keluar rumah, kita juga harus menjaga kebersihan baik tubuh maupun lingkungan (baca juga Cara Merawat Pasien Positif Corona dan Data Penyebaran Virus Corona (Covid-19). Belum cukup dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, ternyata penggunaan disinfektan juga diperlukan. Hal ini bertujuan untuk membunuh berbagai jenis virus dan bakteri di sekitar kita, termasuk virus corona. Sayangnya dalam kondisi seperti sekarang ini, tidak mudah menemukan disinfektan di pasaran. Solusinya adalah kita harus menyediakan disinfektan sendiri. Lantas, bagaimana cara membuat disinfektan alami tanpa alkohol dan pemutih?

Apa itu Disinfektan?

Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, chlorin, creosote, atau alkohol yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme seperti bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang terdapat pada permukaan benda. Bahan disinfektan berbeda dengan antiseptik baik secara tujuan, dosis, dan teknik yang digunakan. Disinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak seperti gagang pintu, troli, meja, kursi, keran, lemari, makanan dan peralatan di mini market/super market dan lain-lain.

Kendati demikian, WHO melarang cairan disinfektan ini digunakan dengan cara menyemprotkan pada tubuh.

Disinfektan Umum

Beberapa disinfektan yang sudah biasa kita kenal dan beredar di pasaran adalah ethyl alcohol 70% atau biasa dikenal dengan alkohol 70%, cairan pemutih pakaian yang mengandung natrium hipoklorit atau sodium chloride serta cairan pembersih karbol yang mengandung benzalkonium klorida

Namun selain karena etanol/ethyl alcohol/alkohol adalah bahan yang sulit dijangkau oleh masyarakat, beberapa orang kurang menyukai disinfektan berbahan dasar alkohol dan pemutih pakaian, karena cairan pemutih bersifat kaustik yang dapat menimbulkan iritasi dan kerusakan pada kulit. Selain itu, penggunaan cairan pemutih yang salah juga dapat menimbulkan uap yang berisiko mematikan.

Disinfektan Alami Tanpa Alkohol dan Pemutih

Tidak melulu berbahan kimia seperti alkohol, disinfektan alami pun bisa kita buat sendiri di rumah dari bahan yang ada di sekitar kita. Berikut adalah beberapa informasi terkait hal tersebut

Cuka Sebagai Bahan Disinfektan Alami

Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) dan Komite Ahli PMKL Kemenkes RI, Prof. Dr. Arif Sumantri, SKM., M.Kes., telah menginformasikan tentang disinfektan alami dan cara meraciknya, di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, 21 Maret 2020.

Disinfektan alami bisa kita buat sendiri di rumah dari bahan yang ada yaitu cuka. Cuka adalah antiseptik ringan sementara minyak esensial menambahkan kualitas antibakteri, antivirus, dan antijamur. Cara membuatnya tidak sulit. Siapkan setengah cangkir cuka putih (suling), setengah gelas air, lalu 12-24 tetes minyak esensial (kemangi, kayu manis, cengkih, kayu putih, dan jeruk nipis).

Langkah selanjutnya campurkan cuka, air, dengan kombinasi minyak esensial tersebut (pilih salah satu apakah minyak cengkih, kayu putih, kayu manis, atau jeruk nipis). Kemudian kocoklah campuran tersebut dalam botol sprayer. Langkah terakhir simpan di tempat aman.

Informasi selengkapnya dapat ditonton pada link video berikut ini : Pencegahan Eskalasi Infeksi Covid-19 dengan Desinfeksi

Daun Sirih Sebagai Bahan Disinfektan Alami

Selain cuka, ternyata daun sirih juga dapat dipergunakan sebagai bahan disinfektan alami. Polifenol chavicol yang terdapat pada daun sirih dapat memberikan perlindungan ganda dari kuman secara alami, aman bagi tubuh, bahkan menyehatkan. Kandungan polifenol pada daun sirih juga dapat mengurangi peradangan, seperti radang sendi dan orkitis.

Namun demikian, pembuatan disinfektan dengan bahan dasar alami daun sirih ini harus melalui proses penyulingan terlebih dahulu. Cara tercepat untuk mendapatkan cairan 100% sulingan sirih adalah dengan membelinya di marketplace online, biasanya dijual dengan sebutan hidrosol sirih/pure 100% sulingan sirih. Jika ingin melakukan proses penyulingan sendiri dapat dilakukan dengan mengunakan panci presto uang telah dimodifikasi

Sumber informasi mengenai hal ini dapat diakses melalui link berikut : Cairan disinfektan daun sirih