Cara Termudah Mengembalikan File Hilang dari Memori Internal Android

0
1282
Cara Termudah Mengembalikan File Hilang dari Memori Internal Android

Apakah Anda sedang kesal dan kecewa karena foto-foto, chat Whatsapp, data kontak, atau data lain yang sangat berharga pada smart phone Anda hilang?. Sengaja atau tidak sengaja sebagian dari kita pernah menghapus file dari memori internal dan eksternal smart phone Android kita, dan akhirnya ada perasaan menyesal atau kesal ketika kita membutuhkan file tersebut. Bagaimana cara termudah mengembalikan file hilang dari memori internal Android kita?. Jangan khawatir, pada tulisan ini kami akan membahas bagaimana cara termudah untuk mengembalikan file yang telah hilang, terhapus ataupun sengaja dihapus dari internal memori smart phone

4 Langkah Termudah Mengembalikan File Hilang dari Memori Internal Android

Instal Aplikasi Data Recovery

Langkah pertama untuk mengembalikan file/data yang telah hilang dari internal memori adalah dengan menginstal aplikasi FORecovery Android Data Recovery pada PC Anda, kemudian jalankan aplikasi tersebut dan hubungkan ponsel pintar Anda ke PC dengan kabel USB. Pilih opsi pemulihan data dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika Anda mengalami kesulitan, pastikan ponsel Android Anda tidak terkunci dan USB debugging diaktifkan. Sebagai info, aplikasi FORecovery Android Data Recovery ini lebih banyak menyediakan versi Galaxy Samsung, tentunya beralasan karena merek smart phone yang satu ini banyak digunakan.

Pilih Jenis Konten yang Ingin Dikembalikan

Langkah ini diperlukan agar proses pengembalian data dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan jenis konten yang ingin kita kembalikan, karena default proses dari aplikasi ini akan memulihkan semua jenis konten. Setelah itu yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis file yang akan diselamatkan, lalu pilih Next.

Ada 3 kategori jenis konten yang dapat ditangani oleh aplikasi ini. Ketiga jenis konten tersebut adalah: Teks Konten, Media Konten, dan Dokumen. Konten berupa teks meliputi: Kontak, Pesan, WhatsApp, Telp. Konten media dapat berupa foto, video atau suara. Sedangkan dokumen dapat berupa file PDF, Word, Excel, PPT, dan jenis dokumen lainnya

Kontak: Banyak nama dan nomor yang tersimpan pada kartu SIM atau memori internal ponsel Anda, dan informasi lainnya seperti email, alamat, judul pekerjaan, dll akan dipulihkan dalam format VCF /CVS /HTML.
Pesan: Semua SMS atau MMS yang dihapus/terhapus yang Anda kirim atau terima, termasuk lampiran seperti foto dan video dapat diekspor sebagai file CSV/HTML.
WhatsApp: Ambil riwayat ngobrol dengan foto dan video dari ponsel Android Anda meski tanpa cadangan.
Foto & Video: Semua gambar dan video yang Anda ambil, atau diunduh dari internal atau transfer dari orang lain semuanya dapat dipulihkan.

Pilih Advanced atau Standard Scan

Disini Anda akan melakukan scanning atau pemindaian dari jenis file yang Anda pilih pada proses sebelumnya. Seperti namanya, standard scan maka kerja aplikasi ini akan bekerja lebih cepat dari pilihan advanced. Meskipun pilihan Advanced membutuhkan waktu lebih panjang dari versi Standard Scan besar kemungkinan file bisa diketemukan dan dikembalikan. Untuk menghemat waktu maka pergunakanlah versi Standard Scan. Klik Start untuk memulai proses pemindaian data yang hilang.

Mengembalikan File yang Hilang

Jika file yang dicari telah ditemukan maka aplikasi ini akan segera menampilkan dalam bentuk laporan pratinjau. Klik pulihkan pada file yang akan dikembalikan dan file tersebut akan dismpan ke PC Anda. Setelah itu file pun bisa langsung Anda transfer kembali ke ponsel Android Anda.

Itulah cara termudah mengembalikan file hilang dari memori internal Android Anda. Semoga Anda berhasil mengembalikan data-data Anda yang telah hilang